Bumi dan Ibu Manusia

Sesuai hikmahNya, Dia menciptakan bumi dengan berbagai variasi bentuk. Ada yang datar, berlumpur, gunung-gunung, dan berpasir. Masing-masing bentuk punya faedah tertentu. Kondisi bumi yang seperti itu, konsekuensinya dia seperti ibu. Di dalam perutnya, bumi mengandung semua jenis anak. Kemudian mengeluarkan untuk manusia dan hewan apa-apa yang diizinkan oleh Tuhannya untuk dikeluarkan, baik mereka ketahui maupun tidak.

Kemudian Alloh subhanahu wa ta’ala mengembalikan yang dikeluarkan itu ke dalam perutnya lagi. Alloh menjadikan permukaan bumi sebagai tempat berkumpulnya makhluk yang masih hidup, dan menjadikan perut bumi tempat berkumpul mereka setelah mati. Apabila telah tiba saat yang dijanjikan, dan kehamilan telah memberatkannya, Tuhan berwahyu kepadanya untuk melahirkan dan mengeluarkan beban-beban berat yang dikandung. Ia mengeluarkan manusia dari perutnya dan berkata,

“Tuhanku, inilah yang Kau titipkan kepadaKu.”

Dia mengeluarkan simpanannya dengan izin Tuhan, lalu menceritakan beritanya dan menjadi saksi atas perbuatan baik dan buruk anak-anaknya. Demikian yang tertera dalam surah al-Zalzalah.

[Sumber: Kunci Kebahagiaan, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah]

Iklan

36 thoughts on “Bumi dan Ibu Manusia

  1. Bumi pun seperti halnya manusia akan ada batas usianya. Jika bumi semakin uzur dan masa waktunya sudah cukup menurut ketetapan Allah Swt. maka akhir zaman sudah akan tiba. Allah Swt. akan memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang akan memporakporandakan bumi, semesta dan segala sesuatu didalamnya.

    Astaghfirullah, ampunkan segala dosa, kesalahan, kelalaian dan kekurangan kami sebelum saat itu tiba. Saat dimana manusia benar-benar tak berdaya. 🙂

    ketika bumi diguncang dengan dahsyatnya….. dan bumi memuntahkan isi perutnya….. manusia bertanya-tanya: “Bumi ini kenapa???”…..

    …maka siapa yang berbuat se-dzarrah kebaikan pun akan melihat. Dan siapa yang berbuat se-dzarrah kejahatan pun akan melihat

    Ya Tuhan…
    Aku kah insan yang bertanya-tanya?
    Ataukah aku mukmin yang sudah tahu jawabnya?
    Kulihat tetes diriku dalam muntahan isi bumi
    Aduhai akan kemanakah kiranya bergulir?
    Diantara tumpukan maksiat yang kutimbun saat demi saat
    Akankah kulihat se-dzarrah saja kebaikan yang pernah kubuat?

  2. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah siapa ya??? 😀

    coba baca disini pak, dari wiki.

    kalo menurut Ibnu Katsir, “Dia mempelajari hadits dan sibuk dengan ‘ilmu. Dia mengusai berbagai cabang ‘ilmu, utamanya ‘ilmu tafsir, ‘ilmu hadits, ‘ilmu ushuluddin, dan ushul fikih.”

    buku-bukunya juga udah ada yg versi bahasa Indonesia kok pak, contohnya, Taman Orang-orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu, Ruh, Kunci Kebahagiaan, dsb.

    untuk lebih detilnya, tanya aja ama google pak. 😀

  3. subhanallah akhi
    setiap kata, di sini adalah hikmah

    ah…Akang ini. Pujian itu lebih layak diberikan kpd Ibnul Qayyim al-Jauziyyah. Postingan itu saya kutip seluruhnya dari (terjemahan) buku Kunci Kebahagiaan karangan beliau. Bila berminat utk membacanya, bs diunduh (download) pd link di atas atau pd halaman unduh.

  4. Subhanaallah..
    begitu menarik…
    detail dan menyentuh

    yup…tulisan2 beliau (baca: Ibnu Qayyim) selalu menyentuh. Sy ‘copas’ disini sbg renungan buat diri ini.

  5. Subhanallah akhirnya saya bertemu lagi dengan Pak Yodama…..Salam Pak

    wa’alaykumussalam.
    akhirnya…gak nyasar khan Pak 🙄

    masih ingatkan dengan Surya?

    hmm…Surya Paloh? Surya Syaputra?

    Kasih ibu bagai sang surya menyinari dunia…? Halah! :mrgreen: insya Alloh inget kok.

    mampir ke tempat saya yang baru ya Pak

    wah baru pindah tho. Nanti tak mampir, insya Alloh.

  6. menarik sebagai bahan perenungan, dan dibaca waktu blogwalking malam..

    semoga bermanfaat mas. Btw, giliran ronda ya malam itu di dunia maya? Mulane mlaku2… Dapet ‘ilmu dunk dg blogwalking. Pasti.

  7. Dan bagi mereka yang mempercayai hari akhir… Smoga Alloh memberi perlindungan disaat tak ada naungan selain naungan-Nya

    aamiin. 🙂

  8. selamat malam sahabat
    blue datang membaca postinganmu yg blue sukai
    sala hangat selalu
    lama yah blue kagak main main kesini

    met malam jg sahabat blue.

    Sama ya, akhir2 ini sy jg jarang blogwalking. Thanks dah b’kenan mampir ya.

  9. assalamu’alaikum wr.wb..

    *merenung m0de on…

    pasti kelak akan datang harinya,, hari kiamat. . .
    jadi merinding saya,
    selagi nafas masih bisa berhembus…. semoga kita bisa melakukan kebaikan,,
    semoga umur kita barokah,

    wa’alaykumussalam warahmatullah

    ya… semoga Allah memperkenankan. Mari fastabiqul khairat. 🙂

  10. Akan banyak kengerian yang akan terjadi esok ketika kiamat datang…meresapi surat2 di jus 30…bisa membuat hati merenung sudah sebanyak apa amalanku????

    yup… Mentadabburi surat2 di juz 30, bisa menjadi pengingat hati yg lalai.

  11. makasi buat kunjungan blognya, monggo mampir lagi yaaa hehe..
    postingannya menyentuh. penuh arti

    iya, sama-sama. Biasa blogwalking. 🙂

    ah… Ini bkn tulisan sy, melainkan copy-paste sepenuhnya tulisan Ibnul Qayyim. Hanya ingin sekedar berbagi. Coz, berbagi tak pernah rugi. (ISBN banget!!).

    Thanks dah mampir ya.

  12. Biarpun komentarku ini basi (wwwahhhh….) karena saya gak nemu postingan yang lebih baru…. saya tetap mau komentar… “Aku jatuh cinta dengan headernya….”… ngopi ya… jazakallahu

    duh, jd pen malu. :”)
    kalo pun basi, tapi gak meracuni kok bu. Paling tdk mjd vitamin bagi jiwa.
    *merasa dicambuk tuk segera update lagi

    waiyyaki. Silakan dicopy. Udah saya kirim via email khan bu?!

  13. Saya jatuh cinta pada header di blog ini…. Boleh ku Copy ya….

    buat headernya ini dah saya share di halaman unduh. Bagi yg jatuh cinta, silakan ke TKP (halaman unduh). 🙂

  14. mohon do’a restunya… ^_^

    barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair… Episode menggenapkan separuh agama telah terlewati. 🙂

  15. waw…..blue mah tak bisa bikin poestingan seperti yg u buat sahabatku
    keren
    salam hangat selalu

    wah, blue terlalu berlebihan. Lha wong ini cuma berbagi tulisan Ibnul Qayyim…

    Kalo ada kemauan en semangat tuk terus belajar, pasti bisa. InsyaAllåh. There is a will, there is a way. 🙂

  16. Di atas permukaan bumi tersirat ”ayat-ayat” Allah yang bisa menjadi pelajaran bagi manusia yang mau berpikir. Suatu saat, bumi sangat bersahabat dengan manusia dengan memberikan segala macam kemakmuran. Di saat yang lain, bumi bisa memuntahkan segala isinya menjadi bencana, terutama bagi manusia yang tidak mau bersyukur.

    bener pak. Yuk bersahabat dg bumi. Bukankah iman itu setengahnya syukur dan separuh lagi sabar?! 🙂

  17. Subhanallah banyak orang yang bilang Dunia Maya begitu luas tapi ternyata aku bisa bertemu sahabat lama Kan Yodama disini.

    padahal dah lama sekali gak saling berkunjung terlebih aku sudah bolak-balik ganti blog ternyata akhirnya bisa bertemu kemballi dengan Kang Yodama

    Salam kang ini saya dari Gubugsurya.wordpress.com bila masih ingat!

    Alhamdulillåh. Tak sia-sia pengembaraanmu selama ini di dunia maya, mas. 🙂

  18. Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

    wah… Ketinggalan saya. Ternyata udah IBSN award yg ke-4 ya.

    *ikut gk ya?! 🙄

  19. update dong mas?? kemana ya? sepertinya sibuk di dunia nyata hehe

    saya gak kemana2 kok mbak. Tetap mengamati blog ini. 🙂

    *Ramadhan keliatannya momen yg tepat tuk update lg

  20. Analogi kehidupan yang bisa dan dengan mudah bisa diterima oleh siapa pun yang awam akan bahasa Al-Quran.. makasih atas infonya… 🙂

  21. Assalamu’alaikum
    Taqabbalallahu minna wa minkum
    Maaf atas segala salah n khilaf ya…

    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s