Mercedes Benz seharga IDR 100, mungkinkah?

Dalam perdagangan, seorang muslim atau seorang pedagang tentu dia akan melihat bagaimana menggunakan modal yang sedikit dan dapat mendatangkan untung yang sangat banyak. Kalau kemudian pada masa sekarang ditanya:

4buahpaneh1

“Ada yang bisa membelikan satu sawit saat ini seharga IDR 25?”

“Tidak ada.”

mercedes-benz-concept-1-1024x7683

“Ada yang bisa membelikan Mercy seharga IDR 100, saat ini?”

“Tidak ada.”

Akan tetapi, perdagangan akhirat yang mungkin selama ini telah kita sia-siakan, hal tersebut bisa saja terjadi. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya niy?

Begini.

Selama ini kita rela untuk menjemput banyak amal di dunia. Kita rela berkeliling hanya untuk mendapatkan keuntungan dunia. Tapi di akhirat kapan kita berpikir seperti itu??

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:

“Kata-kata Subhanalloh adalah tanaman kurma di surga.” Dan, kata-kata Subhanalloh ini lebih murah dari IDR 25.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Satu ayat yang dibaca oleh seorang muslim lebih berharga daripada onta gemuk.” Onta gemuk seharga dengan Mercy, untuk masa sekarang. 8)

Terakhir (but not least-red), mungkin bisa dijadikan motivasi bagi kita (kita?? iya, diriku, dirimu, dirinya-red).

Pernahkah kita, ketika seseorang berpacu dengan kita

dengan dunia dan kita kalah,

lalu kita kalahkan dia dengan masalah akhirat?

Menurut salah seorang ‘ulama, kalau seandainya anda melihat orang bersaing dengan anda dengan dunia, dan anda kalah, kalahkan dia dengan masalah akhirat.

Iklan

34 thoughts on “Mercedes Benz seharga IDR 100, mungkinkah?

  1. subhanallah..,pantas aja tiap kali usai melafazkan kata itu,pekerjaan yg kliatannya rumit jadi mudah kujalani

    ajaib ya mbak. Selain itu, dzikrullåh merupakan salah satu nutrisi yg menghidupkan hati.

    “Dzikir bagi hati ibarat air bagi ikan. Apa jadinya bila ikan dikeluarkan dari air?” [Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah]

  2. Mari berlomba lomba menuju kebaikan agar kita menang dalam urusan akhirat …. [pesan guru mengaji saya]

    siap mas, berlomba dengan saya?

    yup…Fastabiqul khairot. Salam tuk guru mengajinya ya mbak. ‘Ilmu dr beliau tentu selalu menginspirasi dan memberi warna nih. 🙂

    jadi, nantang niy? eko eh oke..i’ll take ur challenge! Perlombaan sejatinya dah dimulai semenjak dlm usia baligh khan.

  3. so simple tapi gag banyak orang yang nyadar 😳

    yeah. It’s really simple. Mari qt sebarkan yg manfaat dan maslahat kpd saudara-saudara qt yg lain. 🙂

  4. Subhannalah, postingannya bagus sekali
    🙂

    Alhamdulillah. Segala puji hanya bagi Alloh. Terimakasih atas apresiasinya. Mari berlomba dlm kebajikan, spt ajakan mba’ Ade (Rindu). 🙂

  5. yuk..fastabikhul khairat 🙂

    hayuk.
    “Wahai Pembolak-balik hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu dan atas ta’at akan Dikau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku ini termasuk orang yg menzhalimi diriku.”

  6. “Bekerjalah untuk urusan Duniamu seakan-akan Engkau Hidup Selamanya, Tapi Bekerjalah Untuk Akhiratmu Seakan-akan Engkau Akan Mati Besok ”

    jangan di balik lo ya, heheheheh 🙂

    dibalik bisa fatal.
    Thanks cak, sdh mengingatkan. 🙂

  7. Nimbrung nambah satu lagi Mas : Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dibanding dunia dan seisinya. Kalau cuma Mercy – E Clas, C Clas, B Clas, A Clas atau yang kelas termahal sekalipun – bisa menandingi dunia dan seisinya. Masih belum percaya ? Silakan coba

    Percaya banget pak. Dari hadits yg diriwayatkan Muslim tsb bisa menjadi renungan bagi qt semua. Itu semua baru keutamaan sunnah fajar. Lalu bagaimana dg 2 raka’at fajar yg wajib, yaitu shalat subuh?

    Pernah, salah seorang penguasa Yahudi, menyatakan bahwa mereka tdk takut dg orang Islam kecuali pd satu hal. Ialah bila jumlah jama’ah shalat Subuh menyamai jumlah jama’ah shalat Jum’at.

    Betapa, selama ini kebanyakan kaum muslimin terlena dlm malam yg panjang, shg hanya menyisakan segelintir org yg membentuk sederet-dua deret shaf pd shalat Subuh. Mereka tak menyadari, ada nilai religi dan filosofi yg kuat dlm pelaksanaan shalat Subuh. Alih-alih, justru Yahudi yg menyadarinya.

  8. saya teringat seorang teman yang namanya subhanallah..

    dia bilang sangat berat membawa nama itu, dan karna dia diberi nama besar spt itu jadilah dia selalu hati2 dalam bersikap dan bertingkah laku..

    namanya Subhanallah? 😯 panggilannya Subhan khan. Yg pasti gk boleh nama Alloh.

    Siapapun nama qt, tentu qt tetap harus waspada dlm menjalani kehidupan ini. Salam tuk temannya itu ya. Bang Subhan 🙂

    ~thanks atas postingannya yang telah mengingatkan utk berlomba “memenangkan” akhirat~

    segala puji hanya bagi Alloh, Rabb semesta alam. Ingatkan saya jika ada salah maupun khilaf. Mari berlomba.

  9. yup…thanks dah main ke blog ku… sering sering ya

    eko…eh OK, u r welcome. Ya nanti insya Alloh mampir kalo ingat. Siapkan jamuan yg apik ya. 🙂 thanks dah sudi mampir ke gublog sy.

  10. Bekerjalah untuk mendapat materi untuk bekal didunia… dan sarana beribadah ….

    sebagaimana yg dikatakan oleh Cakwin di atas. Dan jg, bila qt ingin mendapatkan dunia en akhirat maka harus dg ‘ilmu.

    Bekerja pun merupakan ibadah bilamana diniatkan semata-mata utk meraih ridha-Nya. Selamat bekerja!

  11. rasa cinta pada Allah tak ternilai harganya ya mba..
    Allah pun sering memberi keajaiban yang tak ternilai dengan uang seperti.. anak2ku… dll.
    Salam..

    hiks..hiks.. 😥 kok mbak sih mas? Sy kalo ke toilet yg tulisannya MEN not ladies. :mrgreen:

    btw, thank atas apresiasinya mas. 🙂

    dalam hadits Qudsi disebutkan, “AKU menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih). Selalu khusnudzon dan semoga qt terhindar dr prasangka yg tdk diridhai-Nya.

  12. Insya Allah, Bismillahirrahmanirrahim ikhtiar dan usaha kita di dunia ini selalu membawa barokah dijalan-Nya ‘tuk bekal di akhirat nanti.

    aamiin. Semoga diperkenankan-Nya pak.

  13. Subhanallah….
    Subhanallah….
    Subhanallah….
    Subhanallah….
    Subhanallah….

    Lam kenal…..

    lagi dzikir ya…
    Salam kenal kembali. *sambil berbisik* 🙂

    salam.

  14. Biar dapet kurma yang buaanyak ntar…

    😀 buat panen di akhirat kelak ya. Semoga Alloh memperkenankan dan bs menjadi pemberat amal shalih qt di yaumul hisab nanti. Allahumma aamiin.

  15. wah, postingan yang reflektif, religius, dan menyejukkan. sesibuk-sibuknya kita mengurus dunia, semoga saja kita ndak lupa berbuat utk bekal akhirat. konon, dunia itu ladang dan sawahnya akhirat.

    Alhamdulillah.

    Sepakat pak guru. Apa yg qt tanam di dunia ini, itulah yg qt tuai di akhirat kelak. Di akhirat nanti, qt tinggal memetik hasilnya.

  16. iyaaah…..semoga kita selalu inget pada Nya setiap saat.. ga cuman saat berdoa….keren ni tulisannya pake penggambaran yang mengena…

    Alhamdulillah.

    Emang dah tabiat manusia, bila mendapat nikmat-Nya mjd kufur, jarang yg syukur kepada-Nya. Bila tertimpa musibah, baru deh ingat dg Alloh. Kondisi idealnya sih, qt senantiasa ingat kepada-Nya dlm kondisi apapun, setiap saat. *kayak tagnya iklan deodorant ya!?* :mrgreen:

  17. ^_^ Nice postingan…

    Jadi terlecut untuk meningkatkan kembali ibadah harian. Trims sobat. Gimana kabarmu? sehat-sehat?

    Alhamdulillah. U r welcome.

    Kabar sy, Alhamdulillah bi khair. Mas Insan sendiri? Sehat khan? Dah balik nih!? 🙄

  18. postingan yang singkat, tapi padat dan berisi, serta mengena…
    udah gitu aktual, tajam dan terpercaya.. (kalo yang ini mah liputan 6 ya?)
    mari kita bersaing… (bersaing dalam hal kebaikan)

    Alhamdulillah.

    Wedew, i’m not journalist. Ini mah cuman sekedar catatan biasa, yg sy rangkum saat mendengarkan kajian.

    Bersaing?? Nantangin jg niy!? Hayuuk…sapa takut… (kalo ini iklan shampo Cle*r ya?) :mrgreen:

  19. lagi nyari mobil akhirat sebanyak-banyak nih……siapa tahu bisa ngajak orang rame-rame masuk surga.

    Subhanallah. Mabruk!

    Pake truk kontainer or bus barangkali, yg daya tampungnya banyak, mbak. :mrgreen:

  20. Subhanallah…. postingannya bener2 ‘ngena’ bgt!!!
    Sholat Dhuha yg rutin dijalankan jg bisa menjadi istana megah nan indah di surga..
    Yuk, berfastabikhul khairat… agar kita bisa kopdar di surga-Nya kelak.

    Alhamdulillah.

    Thanks ttg info tambahannya mengenai sholat Dhuha. Insya Alloh, nanti bs kopdar di surga-Nya kelak. Banyak jalan menuju surga-Nya. Semoga Alloh memperkenankan. 🙂
    Allahumma aamiin.

  21. “Menurut salah seorang ulama, kalau seandainya anda melihat orang bersaing dengan anda dengan dunia, dan anda kalah, kalahkan dia dengan masalah akhirat.”

    kejar akhiratmu, jangan lupa duniamu

    Terima kasih telah mengunjungi blog saya

    “Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku”

    Salam,

    Basir
    Brainmatics Cipta Informatika
    http://Brainmatics.Com
    Tlp. +62-21-83793383
    Fax. +62-21-83793384
    My Blog : Guidelife.wordpress.com
    Yahoo!ID : basir_edu

    dunia hanyalah tempat ‘transit’ sementara. Akhiratlah tujuan akhirnya.

    Terimakasih atas apresiasinya. 🙂

  22. Ping-balik: #1 IBSN™ Blog Award Article | Kurang Kerjaan!!!!™

  23. subhanallah. tulisan yang sangat bagus.
    terima kasih

    alhamdulillah…Ini cm catatan saya saat mendengarkan kajian.

    Thanks dah mampir ya.

  24. kehidupan makin sulit maka hidup ini jangan dibuat sulit, jalani semua dengan rasa ikhlas dan penuh dengan kesabaran maka semua akan terasa ringan

  25. semoga mausia didunia ini tidak hanya ingat akan masalah dunianya sendiri??????????????????

    AAAAAAAAAAMMMMMMMMMMMIIIIIIIIIIIIIIEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s