Putih Abu-abu

Masa SMU, konon katanya, masa yang menyenangkan. Ehmm…..begitulah. Saya kira semua masa yang saya lalui dan alami, merupakan episode kehidupan yang penuh corak dan warna. Tergantung bagaimana kita menjalani en menyikapinya aja. Udah, sekitar 5 tahun kira-kira, gak pake lagi tuh baju putih abu-abu. Soalnya sekarang, paduan warnanya lebih beragam gak sekedar putih abu-abu tok. ** secara……..dah kuliah 😀 **

Empat hari lalu, saya ditelpon oleh seorang sahabat, sebut saja sahabat saya itu bung DNR. **wedew, pake inisial segala, dah kayak berita kriminal aja 😀 ** Sudah lama juga tidak bersua dengannya, karena kami terpisahkan oleh satu dimensi yang disebut ruang. Frekuensi kami bertemu paling kalo weekend aja, coz biasanya dia kalo weekend balik ke kota berhati nyaman ini.

Bung DNR ini, meminta pendapat ke saya tentang SMU unggulan di Jogja. Coz, adeknya tahun ini sudah saatnya menikmati pake baju putih abu-abu itu tuh. 😀 Dan, dengan senang hati lah tak bantu. Meskipun, saya tuh bukan orang Jogja aseli, coz menetap di kota gudeg ini sejak SMU (in millenium year). Mungkin karena saya lebih duluan di Jogja kali ya dibanding bung DNR itu. Menurut saya sich, SMU unggulan di Jogja ya SMU 1, 3, dan 8. **perspektif pribadi** Biasanya sich ketiga itu saling bersaing. Trus tak saranin coba aja pilihan pertamanya SMU 1 **bukan karena alumnus sana loh :D, tapi iya juga sih** , trus pilihan kedua, dst, terserah deh.

Dan menurutnya, sistem PSB (Penerimaan Siswa Baru) sekarang dah secara online. Dan bisa milih 5 pilihan SMU yang pengen dimasukin (kayak SPMB/SNMPTN kali ya). Jadi, perubahan nilainya dapat dipantau via komputer di rumah/kantor/warnet/hp sekalipun. Sekarang dah lebih canggih euy, dah era digital bukan analog lagi, gak kayak jaman saya dulu. Kalo dulu, sistemnya rayon, jadi dulu pas daftar SMU 1, juga ada 3 pilihan, Tapi untuk pilihan kedua dan ketiga harus SMU yang se-rayon dengan SMU 1 itu. Kalo gak salah, dulu SMU 1 se-rayon sama SMU 10 dan satu lagi lupa SMU mana.

Trus kemarin lusa, dia nelpon lagi en bilang kalo ternyata, adeknya gak diterima di SMU 1 karena faktor “quota”. Coz, quota di SMU 1, yaitu 70% dari kota Jogja, 25% dari luar-kota Jogja, dan 5% sisanya tuk dari luar propinsi. Ouw….gitu tho. Dan adeknya ni berasal dari SMP di Kab.Sleman (jatah 25% aja). Dan gara-gara KK (Kartu Keluarga) jadi, adeknya ikut jatah yang 25%. So, bisa aja dunk diakalin, nama calon siswanya dimasukkan ke KK yang berdomisili di kota Jogja agar dapet yang jatah 70%. Tapi gak tau juga, ada yang pake cara seperti itu gak ya tapi jangan ditiru ah.

Dan masih katanya lagi, pembatasan dengan quota ini, agar orang-orang di kota gak kesulitan tuk mencari sekolah (negeri) di dalam kota. Dan orang-orang yang pinter dari desa sono, diharapkan agar tetap sekolah di desanya dan memajukan sekolah (negeri) di desanya sono. Ehmmm, jadi begitu tho.

Ternyata, nyari sekolah jaman sekarang susah-susah gampang. Dan bicara soal pendidikan, terkadang kalo ganti menteri pendidikannya, maka kebijakannya pun akan ganti pula.

Dulu kita kenal EBTANAS, sekarang UASBN

Dulu kita kenal Sipensimaru, UMPTN, SPMB, sekarang SNMPTN (senam PTN??)

Palagi ya….

Ya, itulah In..do..ne..sia **dengan intonasi lagu perjuangan**

Iklan

2 thoughts on “Putih Abu-abu

  1. SMU? saya gak pake putih abu-abu karena di SMU islam jadi pake putih hijau 🙂

    🙂 ouw, jadi dl SMU-nya di luar negeri (baca:swasta) ya mbak? Tapi, ijo bagus juga kok. warna surga katanya.

  2. duch ..jadi inget masa masa sma dulu.. 🙂
    iya yaa..sekarang ini istilahnya beda2 dan tambah rumid sajah menurutku..hehhe

    oooww…bat nyamuk pernah smu jg tho!? 😳
    *ditimpuk*

    ya begitulah, mgkin terinspirasi semboyan negara qt, berbeda-beda tapi tetap satu jua. HALAH… :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s