Lakukanlah sesuatu hal yang besar

Ada analogi yang menarik tentang kebiasaan melakukan hal-hal yang besar  sehingga untuk melakukan hal-hal yang kecil sekalipun tidak akan sulit.

Dianalogikan sebagai berikut. Bilamana kita punya sebuah ember. Lalu kita isi ember tersebut dengan sebongkah batu yang cukup besar. Lalu, apabila dimasukkan ke dalam ember tersebut batu kerikil, kira-kira bisa masuk gak? Tentunya kerikil tersebut masih dapat masuk diantara celah-celah dari batu besar tersebut. Kemudian, apabila dimasukkan pasir ke dalam ember tersebut, bisa masuk kah? Pasir pun masih dapat masuk ke dalam ember tersebut. Dan bila dimasukkan lagi air ke dalam ember tersebut, air pun juga masih bisa masuk ke dalam ember tersebut.

Analogi diatas menggambarkan bahwasanya, bila kita terbiasa melakukan hal-hal yang besar, insya Alloh hal-hal yang kecil pun akan dapat kita lakukan pula (dengan sendirinya-red). Hal ini karena, kita telah terbiasa untuk melakukan sesuatu hal yang besar. Oleh karenanya, biasakanlah diri kita untuk melakukan sesuatu hal yang besar mulai saat ini. Coz, bila nantinya kita menjumpai sesuatu hal yang kecil, maka kita pun akan bisa menghadapinya.

Kemudian jangan analogi tersebut kita balik. Ember tersebut, pertama kali kita isi dengan air. Lalu, kita isi kembali dengan sebongkah batu besar tadi. Niscaya airnya pun akan tumpah. Bila kita terbiasa melakukan hal-hal yang kecil, maka untuk melakukan hal-hal yang besar kita akan kesulitan (butuh proses-red).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s