Asal-usul harokat

Cerita ini saya dapat waktu ikut belajar BADAR (bahasa arab dasar) di masjid Mardliyah. Awalnya, dari sebuah pertanyaan dari salah seorang peserta tentang, apa itu marfu’? Karena masih kelas dasar, pertanyaannya pun beragam dan kadang “aneh-aneh”. Sampai-sampai sang Ustadz pun berkomentar, lebih enak ngajar kelas menengah or mahir dibanding kelas dasar. Mungkin karena itu tadi kali ya. Kalo dah kelas mahir biasanya dikit yang tanya. Apa iya??

“Marfu’ tanda pokoknya adalah dhommah. Tapi ada tanda cabangnya yang lain. Untuk sementara ini, anggap saja dulu kalo marfu’, tandanya berarti dhommah”, jelas Ustadz. Kemudian dia menambahkan, “Antum tau gak asal-usul harakat? Karena jaman Nabi dulu, Al-Qur’an itu belum dibukukan dan belom pake harokat”.

Lalu diceritakanlah asal-usul harokat oleh beliau. Jadi asal-usulnya begini….. Dikisahkan seorang Syaikh (afwan, saya lupa namanya 🙄 ). Sang Syaikh ini sedang dihadapan muridnya-muridnya yang akan mensyakal apa yang dikatakan oleh sang syaikh. Sang Syaikh menjelaskan kepada murid-muridnya, bila aku me-“monyong”-kan mulutku, maka itu berarti bentuk “dhommah”. Dan sampai saat ini dinamakan dhommah, coz arti dari dhommah itu sendiri adalah monyong. Dan bila aku membuka mulutku, maka itu berarti itu “fathah”. Coz, arti dari fathah adalah buka. Sedangkan, bila aku me-“mecah”-kan mulutku, maka itu “kasroh”. Karena arti dari kasroh adalah pecah. Dan bila aku diam, berarti itu “sukun”. Coz, arti dari sukun adalah diam.

Ouw…..jadi gitu tho asal-usulnya. Ingat, kalo ASAL gak boleh USUL en kalo usul jangan asal.

Dhommah = monyong

Fathah = buka

Kasroh = pecah

Sukun = diam

Iklan

One thought on “Asal-usul harokat

  1. di mardliyah ada badar juga toh. Sama namanya kayak di YPIA

    iya ada mas. Emang nyingkatnya enaknya BADAR kali ya. Belum nemuin akronim laen lagi sepertinya. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s